Jumat, 19 September 2008

Eksplorasi (Perjalanan 1)

Hari ini (14 Agustus 2008) merupakan hari yang “kutunggu-tunggu”. Ditunggu-tunggu karena hari ini aku berangkat ke Jakarta untuk selanjutnya berangkat ke Sumatera Barat untuk melakukan eksplorasi mineral. Menunggu kepastian berangkat aja udah capek, bahkan sempat hilang semangatku karena tidak ada kepastian kapan berangkatnya. Tapi, setelah ada kepastian dari perusahaanya, semangatku kembali….

Aku berangkat dari bandara Adi Sutjipto kira-kira jam 9an pagi, sebenarnya sih dijadwal jam 8.25, tapi karena sesuatu dan lain hal (biasalah…), penerbangan ditunda. Aku berangkat berdua, sama Imam. Penerbangan bersama Batavia Air Line selama kurang lebih 25 menit ini aku lalui tanpa terasa, karena sepertinya baru saja duduk sebentar udah nyampe tujuan. Sampai di bandara Soekarno-Hatta kira-kira jam 10. Dari bandara kami naik taksi (ketipu), kira-kira 1 jam sampai di kantor PT Anugrah Group, perusahaan yang ngasih gawean. Sampai di kantor, kami dilayani dengan sangat baik, termasuk OB (office boy) yang menawarkan minuman. “Mau minum apa mas?”, “Mau makan apa mas? Wah, sebenarnya sih mo minta yang menyegarkan, tapi karena kami “orang jogja”, yang jarang mau terus terang, jadi jawabannya “apa ajalah”, he2….

Ketika kami baru sampai, ada 2 gadis cantik yang bisik2, “ada geologists”, kayanya geologist disini emang bener2 dihargai, karena direktur utamanya juga eorang geologist (jarang-jarang ada orang geologi yang sampai jadi direktur utama). Dua gadis itu ternyata karyawan perusahaan ini, salah satunya anak Geodesi UGM. Setelah itu kami mempersiapkan segala sesuatunya yang diperlukan di lapangan, kaya peta, kompas, palu, GPS, dll. Sayang laptopnya nggak ada karena dibawa ke lapangan.
Setelah semuanya siap, kami diinapka di hotel dekat kantor. Benar-benar dilayani dengan sangat baik….

Hari ini (15 Agustus 2008), kami berangkat ke Padang. Setelah semua urusan dikantor selesai, kira-kira jam 8 pagi kami berangkat menuju bandara. Penerbangan menuju Padang ditempuh kira kira 1 jam 45 menit.

Sampai di padang kami dijemput oleh Pak Buyung, penduduk asli sana yang nantinya akan membantu urusan kami selama di lapangan. Perjalanan dari Padang ke Lubuk Sikaping ditempuh dalam waktu kurang lebih 4 jam. Sebenarnya aku sudah biasa melalui perjalanan darat, bahkan berhari-hari, tpi perjlanan kali ini memang ”beda”. Jalan berliku dan naik turun selama perjalanan membuat kepalaku pusing tujuh puluh keliling, untung tidak sampai muntah. Kalau sampai muntah, bisa malu dong aku. Masak orang lapangan naik mobil aja muntah, he2....

Sampai dimess kira-kira habis isya. Di mess kami disambut Pak Edy. Beliau merupakan penghubung antara perusahaan dengan masyarakat, juga yang mengurusi masalah perizinan disana...

Karena kepalaku pusing, aku langsung tidur, tentunya setelah makan malam, he2..

Hari ini (16 Agustus 2008), kami belum ke lapangan, hnya mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan di lapangan, seperti logistik, obat-obatan,dll.

Hari ini (17 Agustus 2008) yang merupakan hari yang bersejarah bagi bangsa indonesia, karena hari ini bangsa indonesia memperingati kemerdekaannya yang ke-63. dimana-mana di seluruh pelosok negeri pasti ada “sesuatu” untuk meramaikannya, baik berupa perlombaan, karnaval, dll. Di Lubuk Sikaping, aku melihat acara karnaval sehari sebelum peringatan HUT.

Sudah 63 tahun Indonesia merdeka, tapi sebenarnya kita belum benar-benar merdeka, masih ”dijajah”, baik oleh bangsa sendiri maupun bangsa lain... Masa depan bangsa ini ada di tangn kita, generasi muda, so ayo kawan kita berjuang.... SEMANGAT....!!!!!!!

Tidak ada komentar: