Rabu, 05 November 2008

MTA IPMR-KP

Akhir bulan kemaren,salah satu organisasi yang aku ikuti mengadakan hajatan tahunannya, yaitu MTA (Musyawarah Tahunan Anggota), bertempat di Wisma Puas, Kaliurang, Yogyakarta. Organisasi ini bernama Ikatan Pelajar Mahasiswa Riau Kabupaten Pelalawan (IPMR-KP) Yogyakarta, kumpulan pelajar dan mahasiswa asal Kabupaten Pelalawan, Riau yang sedang menuntut ilmu di Yogyakarta. Acara ini cukup lama lho, sebulan, dari bulan Oktober – November, he2.... tepatnya dari tanggal 31 okt – 1 Nov, sebulan kan???? Iya,gitu dong... biar aku seneng...

Acaranya cukup seru dan mengasikkan, walopun kadang-kadang agak membosankan dan mengantukkan juga, he2...... dimulai jum’at malam ba’da isya. Walaupun sebenarnya cuaca dingin karena di pegunungan plus hujan, tapi suasana cukup hangat, bahkan mungkin ada juga yang panas. Panas karena perdebatan yang cukup sengit yang kadang-kadang membicarakan hal yang sepele tapi karena sesuatu hal jadi runcing pembicaraanya. Huh...!!!! Santai bro & sist, kita ini sama, sama-sama belajar, sama-sama jauh dari kampung halaman, jangan saling memojokkan atau menjelek-jelekkan, wajar kalo ada beda pendapat, justru adanya pertemuan kali ini karena beda pendapatkan? So, stay cool....

Acara malam ini diagendakan sampai jam 1.00, malem banget pikirku. Tapi ternyata yang terjadi lebih ekstrim lagi, karena sesuatu dan lain hal acara mundur sampai jam 2 lebih. Nguantue puooooollllllll... beberapa kaum hawa sudah pada protes untuk tidur duluan, katanya fisik laki-laki dan perempuan itu beda, iya po???? Aku juga sebenarnya udah ngantuk banget.... akhirnya panitia mengizinkan agar para kaum hawa ini untuk bobok duluan. Cuma ada 3 orang kaum hawa yang masih ikut sidang dengan kaum adam, sekretaris sidang dan 2 orang temenku. Akhirnya acara pun selesai jam 2 lebih dan aku pun bisa memejamkan mata kira-kira jam 2.30. Aku tidak yakin apakah sebenarnya aku tidur atau tidak, antara sadar dan tidak sadar.

Kira-kira pukul 4 pagi, aku terbangun bersamaan dengan suara adzan subuh di Masjid dekat wisma. Berarti aku cuma tidur 1 jam lebih ni... aku langsung keluar kamar menuju Masjid, sayup-sayup kudengar beberapa orang ada yang ngobrol. Wah,mereka udah bangun juga ternyata. Eh,tapi tunggu dulu, jangan-jangan mereka itu belum tidur dan ternyata perkiraan keduaku ini yang benar, mereka belum tidur. Padahal katanya acara dimulai pukul 7.30, pasti bakalan ngaret ni pikirku. Setelah sholat subuh, suasana sepi, aku langsung ke kamar. Sambil smsan sama temen, peserta MTA ini juga, akhirnya aku tertidur, masih ngantuk banget ni... Zzzz.......

Kira-kira pukul 6.30 aku terbangun, masih sepi. Aku langsung mandi. Airnya duingin sekali kaya air es. Selese mandi aku duduk-duduk di depan kamar menikmati suasana pagi di pegunungan, suasana masih juga sepi, belum ada yang terjaga. Katanya acara dimulai pukul 7.30, ini dah jam 7 belum ada yang bangun, termasuk panitianya. Ternyata benar juga anekdot yang menyatakan “kalau peraturan emang dibuat untuk dilanggar”. Hmmm...... Why..??? Setelah itu aku lihat ada yang terbangun satu orang, sebut aja namanya Yadi,dia juga kaget kok jam segini belum pada bangun? Aku baru kenal orang ni, anak baru 2008, masih baru banget di jogja kalau begitu, dibandingkan aku yang udah 4 tahun lebih, hiks....hiks..... Aku ingin cepet lulus.... Amin... Setelah mandi, dia ngajak aku jalan-jalan melihat daerah pegunungan. Karena baru pertama, tak henti-hentinya dia mengagumi daerah ini. “Coba kalau daerah kita ada tempat kaya gini ya Bang”, katanya. Ya, daerahku mah ga ada kaya gini, daerahnya relatif datar dengan diisi oleh perkebunan, rawa dan hutan, ga ada pemandangan yang indah kaya di jogja. Di jalan aku berpapasan dengan temenku yang tadi smsan, dia baru turun dari gardu pandang katanya. Sebenarnya tadi habis subuh waktu smsan dia udah bilang mo jalan-jalan ke gardu pandang, aku kira sama temenku yang lain, ternyata sendirian. Memanglah anak ni, disaat yang lain lagi enak-enaknya terbang ke dunia mimpi dia malah dah klayapan sendirian kemana-mana. Aku tanyain aja, “program diet ya? He2...... PEACE Neng..!!!! Setelah muter-muter dan kaki dah pegel, kami pun turun ke wisma. Sampai di wisma ternyata masih banyak juga yang belum bangun. Mo dimulai jam berapa acara ni??? Padahal dah ngaret 1 jam. Huh...!!!!

Akhirnya setelah makan pagi, acara pun dimulai, ngaretnya 2 jam lebih bo...!!! “Luar biasa”. Diskusi dan perdebatan dimulai. Agenda hari ni membahas, GBHK,GBHO, AD/ART dan pemilihan ketua baru. Aku sih sebenarnya tertarik pada acara pemilihan ketua, tapi yang mau gak mau ngikut acara sebelumnya, menghormati gitu loh... Apalagi aku juga sekretaris sidang komisi B, yang bahas GBHK/GBHO. Perdebatan-perdebatan seru terjadi, ada yang panas, yang lain mencoba mendinginkan, jangan sampai membahas masalah sepele sampai begitu rumitnya, pikir mudah aja bos, jangan terlalu rumit cara mikirnya. Segala sesuatu kalau dipikir rumit ya jadi rumit, tapi kalau dipikir mudah tapi tetap serius dan logis akan mudah juga. Mungkin yang mikir rumit emang tipe-tipe pemikir ya? Atau jangan-jangan ada sebab lain? Au ah gelap... santai & keep smile..!!!

Acara yang ditunggu-tunggu pun tiba, yaitu makan siang, he2..... laper banget euy, padahal Cuma duduk lho, energinya kemana ya? Buat mikir kali, ah nggak juga, aku gak terlalu pusing mikir kok, he2.... Jangan-jangan menimbun di dalam tubuhku, jadi lemak, wah...tambah gendut lagi deh. Ga papa, yang penting sehat, toh juga gak gendut-gendut amat, masih dalam range ideal, he2...,pembenaran. Lagipula kata temenku orang yang “cubby” kaya kita ini emang pantesnya agak gemuk, kalau kurus malah jelek, he2.... Sukron ya ukhti udah belain kegemukanku..., he...he.....

Setelah makan siang, acara pun dilangsungkan. Diskusi pun dilangsungkan. Akhirnya acara yang aku tunggu2 pun tiba, yaitu pemilihan ketua baru. Aku belum tau bagaimana mekanisme pemilihannya, apakah sama dengan beberapa organisasi yang selama aku ikuti atau tidak. Katanya sih dengar-dengar ada beberapa orang yang mo mencalonkan diri, karena nggak begitu kenal dengan calon-calonnya, aku pun mencari informasi tentang bagaimana orang tersebut. Banyak juga yang menyarankan untuk memilih calon tertentu, “pilih si A y?, “pilih si B y?, dst. Aku pun menjawab dengan diplomatis, ceile..... Yah,siapa aja yang terpilih semoga saja yang terbaik, he2... karena emang aku gak terlalu mengenal calon-calonnya.

Ternyata mekanisme pemilihan ketuanya seperti waktu pemilihan ketua OSIS SMA dulu, yaitu tiap orang menulis nama tertentu terserah siapa, sebagai bakal calon dan selanjutnya dipilih beberapa orang menjadi calon tergantung peraturannya gimana, kalau disini yang minimal dicalonkan oleh 3 suara. Akhirnya terpilih 4 calon, 3 diantaranya emang yang sudah kudengar mo mencalonkan diri. Tapi karena suatu alasan 1 calon mengundurkan diri alias tidak bersedia dicalonkan, jadinya tinggal 3 calon deh... Sebenarnya aku ada nyaranin temenku untuk nyalon, adek kelas SMPku dulu, tapi dianya gak mau, katanya mo fokus kuliah gitu.... yo wes lah.....

Inilah sebenarnya yang aku tunggu-tunggu, yaitu debat calon ketua. Tapi karena alasan tertentu debat ditiadakan, cuma penyampaian visi dan misi saja, bahkan sesi tanya jawab pun ditiadakan. Sebagian pemirsa kecewa, termasuk aku, soale aku udah menyiapkan beberapa pertanyaan untuk calon ketua. Tapi ya gak pa2 lah, mungkin belum waktunya kali...

Pemilihan pun dilaksanakan, dilanjutkan dengan perhitungan. Beberapa orang mungkin berdebar-debar menunggu hasil perhitungan, termasuk mungkin juga ketiga calonnya. Kalau aku sih nggak, karena aku yakin, insya Alloh yang terpilih adalah yang terbaik buat organisasi ini. Lagi-lagi alasan diplomatis, he...he..... akhirnya yang terpilih adalah saudara Erfandy, dia sebenarnya adalah ketua periode lalu, mungkin karena masih dipercaya oleh sebagian besar teman-teman, makanya dia jadi ketua lagi. Yah, mudah2an saudara Erfandy ini bisa menjalankan amanah dengan baik dan bertanggung jawab. Ayo pak ketua, semangat...!!!!!!
Akhirnya selesai juga acaranya.......

Well, dengan berbagai kelebihan dan kekurangan, menurutku acara ini terbilang cukup sukses. Banyak manfaat yang bisa kuambil dari acara ini. Salah satunya tentunya adalah aku bisa bertemu dengan para pelajar dan mahasiswa asal pelalawan. Bisa berkenalan, bertukar pikiran, cerita-cerita tentang perkembangan kabupaten pelalawan, bahkan mungkin bisa bertemu dengan temen lama. Selain itu juga bisa bertemu orang yang sebenarnya dekat rumah, tapi baru tahu kalau ternyata dia kuliah di jogja, yaitu aku ketemu tetangga kampungku yang ternyata juga kuliah di UGM, tapi di S2. Selain itu beberapa juga ada yang cerita, tepatnya “curhat” begete, mengenai organisasi ini. Katanya sih ada beberapa masalah internal gitu, gak mungkin aku ceritain masalahnya disini kan??? Rahasia perusahaan, he2..... Wah, aku kan belum terlalu lama juga ikutan, jadi ya gak terlalu paham banget apa yang terjadi sebenarnya. So,juga gak banyak komentar deh jadinya. Yah,mdh2an masalahnya bisa sepet selesai agar semuanya bisa berjalan dengan lancar.

Anak pelalawan yang kuliah di jogja ternyata banyak juga lho, yang datang diacara ini aja 70-80an, padahal masih banyak yang nggak datang,mungkin kalau datang semua bisa ratusan kali ya? Beberapa kesimpulan yang bisa kuambil adalah ternyata kebanyakan anak pelalawan kuliah di jurusan Ilmu Pemerintahan (IP)UMY, buanyak banget yang kuliah disini. Mungkin merekalah calon-calon para birokrat dan pejabat pelalawan selanjutnya, he2... asal dari sekarang udah belajar bener aja, biar nanti kalau jadi pejabat juga bener. Trus banyak juga yang kuliah di INSTIPER, mungkin mereka pandai membaca peluang kalau di pelalawan kan emang industri dan lahan perkebunan sangat banyak. Yah, mudah2an mereka bisa membangun sesuai dengan ilmu yang mereka peroleh. Yang lain tersebar di UNY, UPN,UII dan PTS-PTS lainnya. Untuk yang ngambil jurusan lain semoga juga bisa tetap berjuang sesuai dengan keahliannya. Oya, sampai sekarang aku belum menemukan lho anak pelalawan yang kuliah di geologi, baik yang di UGM maupun di perguruan tinggi lain, padahal anak Riau banyak lho yang ngambil jurusan geologi, bahkan temenku ada yang sampe ke malaysia kuliah geologinya. Memang unik ya aku ini, he2..... narsis....

Terakhir, semoga acara ini bisa jadi salah satu momentum agar IPMR-KP yogyakarta bisa lebih baik lagi kedepannya, sehingga para anggotanya juga dapat belajar sehingga di masa depan sudah benar-benar siap untuk membangun bangsa indonesia, khususnya Kabupaten Pelalawan.

Tidak ada komentar: