Sabtu, 21 Juni 2008

Sholat...

Semalam, aku mengikuti kajian di sebuah masjid di dekat kosku. Kajian tersebut diisi oleh seorang ustazd muda yang masih energik dan bisa menghangatkan suasana. Beliau merupakan seorang alumni universitas terkenal di timur tengah. Tema kajian tersebut adalah tafsir Al-Qur’an.
Sebelum masuk mengenai tafsir, beliau menjelaskan tentang kewajiban-kewajiban seorang muslim terhadap Alqur’an, mulai dari membaca sampai mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Ada satu hal yang membuatku cukup terkesan dan merenung, yaitu tentang sholat. Kurang lebih beliau mengatakan jika dalam kehidupan sehari-hari seorang muslim itu seperti ketika sholat, maka tidak akan ada kemaksiatan, kejahatan dan perbuatan melanggar lainnya. Kongkritnya begini, jika dalam kehidupan sehari-hari qta selalu menundukkan pandangan seprti sholat, maka mata kita akan terjaga dari maksiat, begitu juga tangan kita, kaki kita serta hati kita. kemudian bagi seorang muslimah, jika dalam kehidupan sehari-harinya seperti ketika sedang sholat, yaitu menutup aurat dengan benar, tidak mengeraskan suara, menundukkan pandangan,dll, maka kemaksiatan yang berhubungan dengan wanita juga dapat dicegah. Hal ini tentu saja akan sesuai dengan sebuah dalil yang mengatakan “Sesungguhnya sholat itu dapat mencegah dari perbuatan keji dan mungkar”. Sayangnya, banyak umat muslim yang melaksanakan sholat, tapi juga masih sering melaksanakan kejahatan, maksiat,dll. Kata seorang ustazd, jika hal tersebut terjadi, berarti ada masalah dengan sholatnya, mungkin tidak khusuk, selalu terburu-buru atau mungkin tidak memenuhi syarat dan rukun yang telah ditentukan.

Ya Alloh, berilah aku kekuatan untuk selalu memperbaiki sholatku.....

Tidak ada komentar: